Home » » Take Me Out Indonesia dan Ande-ande Lumut

Take Me Out Indonesia dan Ande-ande Lumut

Take Me Out Indonesia adalah tontonan reality show yang ditayangkan setiap hari Senin sd Jumat di stasiun TV ANTV. Awalnya saya menonton tayangan ini karena kebetulan saja namun semakin lama semakin menarik hati untuk melihat bagaimana permainan perasaan ditonton banyak orang.


gambar take me out indonesia

Lepas dari berbagai pendapat jika tayangan ini hanya sandiwara belaka, bagi saya pribadi tayangan Take Me Out Indonesia menjadi suatu tayangan yang ringan dan cukup menghibur daripada tayangan lain yang lebih berat.

Tayangan yang dibawakan oleh Eko Patrio ini menghadirkan 30 wanita cantik dan 3 pria single, dimana kedua belah pihak ini bebas memilih dan dipilih. Tayangan ini berhadiah 10 juta rupiah bagi yang mendapatkan pasangan. Dilihat dari besarnya hadiah, mungkin bagi para wanita ini dianggap tidak seberapa mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menambah kecantikannya juga cukup mahal.

Namun, ada yang janggal dari penampilan 30 wanita ini, diawal penampilannya mereka berdiri dengan anggun di belakang meja yang tertulis nama mereka akan tetapi ketika kamera menyorot salah satu dari mereka, mendadak penampilannya berubah.

Dari yang pendiam berubah menjadi centil, genit dan nakal, yang genit bertambah genit dan yang kenes juga semakin bertambah parah.

Bagi mereka, inilah saatnya untuk tampil di depan kamera televisi, saatnya beraksi. Alih-alih tidak mendapatkan jodoh, mereka bisa menjadi artis atau sekedar figuran.

Namun dari pengamatan saya, ada beberapa moment menarik yang melibatkan perasaan kecewa, sedih, malu dan gembira dalam tayangan ini yaitu :

1. Saat Pria single mematikan lampu

Meskipun tidak sampai menitikkan air mata, jelas terlihat bagaimanan perasaan kecewa, sedih dan malu campur aduk menjadi satu, membayang di raut muka seorang wanita,  saat pria single mematikan lampu. Hal ini menyatakan jika pria single tidak memilihnya.

Terlebih lagi saat tinggal 2 wanita yang tersisa yaitu pada babak final. Bagi wanita yang tidak dipilih rasa sakitnya terasa lebih pedih sementara wanita yang terpilih melenggang dengan hati berbunga.

2. Pandangan Pertama Tidak terpilih

Moment berikutnya, saat seorang wanita terpilih sebagai wanita dalam pandangan pertama tapi pada babak final sang pria single memilih wanita lain, maka sang ladies akan berkata, "PHP Lu," dengan perasaan sedih, marah dan kecewa.

Rasanya lebih menyakitkan jika seorang wanita sudah mematikan lampu kemudian memilih untuk melanjutkan permaianan setelah memberikan pertanyaan kepada pria single, namun akhirnya tidak dipilih.

Sungguh sakitnya tuh disini banget ..

3. Black 0ut

Moment ini memang jarang terjadi. Berbeda dengan ladies, pria single juga akan merasakan rasa sakit, kecewa dan malu apabila tidak ada seorang wanita pun yang mau memilihnya alias 'black out'.

Meskipun Eko Patrio dan Dewan Cinta memberi saran dan hiburan, tapi rasa malu tidak dapat disembunyikan dari wajah pria single apalagi ditonton oleh orang banyak. Sehingga dengan langkah tegap yang dipaksakan dan senyum pahit, pria single meninggalkan permainan.

Begitulah pergolakan perasaan para wanita dan pria dalam tayangan reality show tentang pencarian pasangan ini.

Tayangan ini mengingatkan saya pada kisah legenda tanah Jawa yaitu  'ande-ande lumut'. Dimana ande-ande lumut adalah seorang pangeran dari Kediri yaitu Panji Inu Kertapati, yang sedang menyamar untuk mencari kekasihnya yang pergi karena tersinggung akan perlakuaannya.

Dalam pengembaraannya, Panji Inu Kertapati menjadi anak angkat seorang janda, lalu diberi nama ‘ande-ande lumut’. Kemudian Ibunya, Mbok Rondo Dadapan mengadakan sayembara untuk mencari jodoh bagi anaknya.

Karena ketampanan dan kegagahan sang ‘Ande-ande lumut’, banyak wanita yang mengikuti sayembara ini, namun tidak ada yang cocok dihatinya. Yang terakhir datang adalah 4 orang gadis cantik yang bernama Kleting Abang, Kleting Kuning, Kleting Ijo dan Kleting Putih.

Pilihan ‘ande-ande lumut’ jatuh pada Kleting Putih, yang sebenarnya adalah kekasihnya sendiri, yang pergi meninggalkannya lalu menyamar sebagai gadis desa.

Demikian kisah ‘Ande-ande Lumut’ dan persamaannya dengan tayangan reality show yaitu Take Me Out Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar